Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 2 TAHUN 2016 TENTANG KARTU IDENTITAS ANAK (STUDI DI KABUPATEN KAPUAS HULU)

Pratama, Fachrian Nanda (Unknown)
Syafei, Muhammad (Unknown)
Aprilsesa, Tri Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis faktor pendorong dan faktor penghambat pelaksanaan program Kartu Identitas Anak (KIA) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan sifat penelitian deskriptif, cara pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumen, serta teknik analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif. Hasil dari penelitian ini ialah kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak di Kabupaten Kapuas Hulu sudah mencapai 70%, namun dalam penerapannya masih terdapat kendala-kendala seperti kurangnya informasi yang didapatkan masyarakat, kurangnya pemahaman masyarakat, kurangnya dukungan & koordinasi antar instansi, serta wilayah kabupaten Kapuas Hulu yang luas dan sulit dijangkau menjadi kendala-kendala dalam pengimplementasiannya. Selain itu, kemanfaatan yang dirasakan masyarakat dengan adanya Kartu Identitas Anak masih kurang. Saran dari penulis adalah Pemerintah diharapkan untuk mengkaji kembali terkait dengan program Kartu Identitas Anak ini terlebih kemanfaatan dan kegunaannya agar program ini dapat berjalan dengan efektif, serta perlu ditingkatkan kembali sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui dan mengerti tentang program Kartu Identitas Anak (KIA).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...