Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS NARASI BERBANTUAN AUDIO VISUAL DI KELAS IV SD

Sari, Dianti Dwi Puspita (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)
Ghasya, Dyoty Auliya Vilda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan guru mengenai terbatasnya penggunaan bahan ajar untuk pembelajaran sehingga peneliti tertarik untuk mengembangakn media pembelajaran menyimak berbantuan audio visual ini. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil validasi pada aspek media dan materi dari hasil pengembangan media pembelajaran, 2) mengetahui respon siswa dalam menggunakan media pembelajaran, 3) mengetahui respon guru dalam penggunaan media pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ahli media mendapatkan penilaian dengan rata-rata 4,81 yang termasuk dalam kategori “sangat layak”, ahli materi mendapatkan penilaian dengan rata-rata 4,79 yang termasuk dalam kategori “sangat layak”, hasil penilaian respon siswa pada uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 77% yang termasuk dalam kategori “praktis”, penilaian oleh 27 orang siswa pada uji coba kelompok besar memperoleh presentase sebesar 81% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, dan hasil penilaian respon guru memperoleh rata-rata 86% yang termasuk dalam kategori “sangat praktis”, artinya secara keseluruhan media pembelajaran menyimak berbantuan audio visual pada kategori “sangat praktis” untuk digunakan di kelas IV Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...