Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN KAIWATU KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Johansz, Dovila (Unknown)
Maresy, Stenly (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketarampilan membaca pemahaman melalui model Cooperative Learning dalam meningkatkan katerampilan membaca pemahaman kelas IV SD Kristen Kaiwatu, Kabupaten Maluku Barat Daya. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, dan tes. Hasil belajar dari tes awal, siklus I,dan siklus II mengalami peningkatan antara nilai rata 57.46 meningkat menjadi 63.33 dan pada siklus II menjadi 83.33. Dengan demikian berdasarkan hasil belajar siklus II maka pembelajaran dikatakan berhasil karena 100% siswa memiliki nilai >70 atau KKM yang telah dintetukan. Dengan demikian maka penerapan model Cooperative Learning dapat meningktakan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Kristen Kaiwatu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...