Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN HUMANISME PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Rizal, A. (Unknown)
Burhan, Burhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan humanisme pada peserta didik di Sekolah Dasar Karuwisi 2 Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki pemahaman yang baik tentang konsep humanisme dalam pendidikan, namun masih terdapat kesenjangan dalam mengintegrasikan konsep tersebut ke dalam praktik pembelajaran. Lingkungan pembelajaran yang inklusif dan mendukung perkembangan holistik siswa masih perlu ditingkatkan. Integrasi nilai-nilai humanisme dalam kurikulum sudah dilakukan, namun masih perlu peningkatan dalam implementasinya. Implikasi dari penelitian ini memberikan arahan bagi pihak manajemen sekolah dan pemerintah pendidikan setempat untuk lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan mewujudkan nilai-nilai humanisme dalam praktik pembelajaran di sekolah-sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...