Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PIERRE BOURDIEU DAN KAJIAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI OLAHRAGA

Silatul Rahmi (Universitas Negeri Makassar)
Syamsu A. Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar)
Arlin Adam (Universitas Pejuang Republik Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian literatur ini untuk mengetahui pemikiran Bourdieu, sebagai pandangan tentang kajian Pendidikan sosiologi olahraga. Penelitian literatur ini memperkenalkan gagasan dasar pemikiran Bourdieu dalam memahami bagaimana individu berelasi sehingga membentuk “praktik”. Bagaimana ‘praktik’ tersebut terjadi dan apa saja yang “terlibat” dalam ‘praktik’ itu, dan bagaimana relasi habitus, arena, kapital, praktik dan kuasa dalam pandangan Bourdieu. Hasil penelitian ini menunjukan Pierre Bourdieu, adalah salah satu teoritis terkemuka yang pemikirannya digunakan dalam cultural studies. Pemikiran Bourdieu banyak dipengaruhi oleh Aristoteles, Thomas Aquinas, Hegel, Marx, Durkheim, Max Weber, Picasso, Franz Fanon, Jean Paul Sartre, Husserl, Ferdinand de Saussure, Levi Strauss, Wittgenstein, Martin Heidegger, Michel Foucault, dll. Simpulan penelitian bahwa Bourdieu meramu pemikiran beberapa pemikir tersebut menjadi bentuk pemikiran baru yang menekankan peran aktor atau subyektivitas yakni yang dikenal dengan metode strukturalismekonstruktif. Bourdieu dikenal dengan pengembangan kajian sosiologi kultural dan sosiologi reflektif atau metasosiologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...