Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

SOSIALISASI PENGENALAN BOOK CREATOR KEPADA GURU TAMAN KANAK-KANAK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK DENGAN PEMBELAJARAN YANG MENARIK

Jayadinata, Asep Kurnia (Unknown)
Maharani, Aura (Unknown)
Ambarsari, Devi (Unknown)
Filza, Nida Illaha (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat belajar anak usia dini melalui sosialisasi penggunaan aplikasi Book Creator kepada para guru TK. Book Creator adalah alat digital yang memungkinkan pembuatan buku digital dengan menggabungkan teks, gambar, audio, dan video, yang dapat menjadikan proses belajar lebih interaktif dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan fokus pada sosialisasi dan pelatihan kepada 10 guru TK mengenai penggunaan Book Creator dalam pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara untuk mengevaluasi pemahaman dan kesiapan guru dalam mengimplementasikan aplikasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi dan pelatihan secara efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan Book Creator. Guru-guru menyampaikan bahwa alat ini berpotensi besar untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak dengan membuat pembelajaran lebih kreatif dan menarik. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan teknologi bagi para guru TK untuk mengoptimalkan penggunaan alat digital dalam pembelajaran, guna meningkatkan motivasi dan keterlibatan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...