Pembelajaran sains atau IPA dengan menggunakan EtnoSTEM dengan memanfaatkan budaya dan bahan asli di lingkungan sekitar serta pemanfaatan teknologi, sains, rekayasa dan matematik mampu membuat para siswa memahami materi pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengulas secara sistematis ruang lingkup penelitian mengenai Modul IPA, etno-stem, dan keterampilan berpikir kreatif. Artikel ini dikembangkan menggunakan prosedur modifikasi yang diadopsi dari desain PRISMA (Preferred for Systematic Review and Meta-Analyses), dengan tiga langkah sistematis yang dimulai dengan proses identifikasi, penyaringan dan inklusi. Jumlah artikel yang diambil sebanyak 150 artikel dengan tahun terbit 2019 hingga 2024. Berdasarkan tiga langkah analisis sistematis pencarian literatur, terpilih 10 artikel yang layak dijadikan referensi pencarian artikel. Penerapan penelitian etno-STEM dalam pembelajaran IPA tahun 2019-2024 lebih didominasi oleh pengembangan pengetahuan asli menjadi sains berbasis etno-STEM. Berdasarkan temuan peneliti diharapkan dapat menjadi literatur dan pandangan bagi guru dan peneliti selanjutnya dalam mengkaji penelitian baru dalam pembelajaran sains berbasis etno-STEM sehingga dapat membantu mengembangkan kompetensi ilmiah siswa.
Copyrights © 2024