Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DAN MODEL HYBRID PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PROJECT 1 (STUDI KASUS PADA PROGRAM STUDI D3 SISTEM INFORMASI, POLITEKNIK NEGERI SUBANG)

Nurfitria Khoirunnisa (Politeknik Negeri Subang)
Nunu Nugraha Purnawan (Politeknik Negeri Subang)
Taufan Abdurrachman (Politeknik Negeri Subang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Dalam era global yang terus berubah dan di tengah langkah digitalisasi, institusi pendidikan tinggi seperti Polsub dihadapkan pada kebutuhan akan solusi pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, terutama dengan pergeseran menuju pembelajaran daring. Melalui metode pembelajaran hybrid yang menggabungkan e-learning dan pendekatan Project Based Learning (PBL), penelitian bertujuan untuk meningkatkan interaksi aktif mahasiswa, memotivasi pengembangan keterampilan praktis, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini mengikuti model Research & Development (R&D), dari penelitian informasi hingga diseminasi dan implementasi. Hasilnya menunjukkan respons positif dari mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diusulkan, dengan mayoritas responden menilai model tersebut sangat kuat atau baik/setuju. Implikasinya, penerapan e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Project 1 di Polsub berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan. Penelitian juga menekankan pentingnya metode pengumpulan data yang tepat, seperti angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam memvalidasi efektivitas model pembelajaran. Analisis mendalam dari respons mahasiswa membantu mengevaluasi dan memperbaiki model pembelajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan tinggi yang adaptif terhadap perubahan, serta memperkaya pemahaman tentang integrasi e-learning berbasis Moodle dalam konteks pembelajaran hybrid dengan pendekatan PBL

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...