Dalam era global yang terus berubah dan di tengah langkah digitalisasi, institusi pendidikan tinggi seperti Polsub dihadapkan pada kebutuhan akan solusi pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, terutama dengan pergeseran menuju pembelajaran daring. Melalui metode pembelajaran hybrid yang menggabungkan e-learning dan pendekatan Project Based Learning (PBL), penelitian bertujuan untuk meningkatkan interaksi aktif mahasiswa, memotivasi pengembangan keterampilan praktis, dan meningkatkan efektivitas pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini mengikuti model Research & Development (R&D), dari penelitian informasi hingga diseminasi dan implementasi. Hasilnya menunjukkan respons positif dari mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diusulkan, dengan mayoritas responden menilai model tersebut sangat kuat atau baik/setuju. Implikasinya, penerapan e-learning berbasis Moodle pada mata kuliah Project 1 di Polsub berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih interaktif dan relevan. Penelitian juga menekankan pentingnya metode pengumpulan data yang tepat, seperti angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dalam memvalidasi efektivitas model pembelajaran. Analisis mendalam dari respons mahasiswa membantu mengevaluasi dan memperbaiki model pembelajaran untuk meningkatkan pengalaman belajar mereka. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan tinggi yang adaptif terhadap perubahan, serta memperkaya pemahaman tentang integrasi e-learning berbasis Moodle dalam konteks pembelajaran hybrid dengan pendekatan PBL
Copyrights © 2023