Bahasa Indonesia telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari di Indonesia dan memiliki peran penting dalam mempertahankan identitas budaya bangsa. BIPA adalah program keterampilan belajar berbahasa Indonesia yang dikhususkan bagi penutur asing, mulai dari berbicara, menulis, membaca, dan mendengarkan. Penelitian ini menggunakan metode literatur review yang memiliki struktur atau tahapan yang berbeda dengan penelitian eksperimental atau survei. Penelitian ini berfokus penelitian kualitatif dengan pendekatan sekunder tentang bahasa Indonesia sebagai penutur asing sebagai upaya internasionalisasi bahasa Indonesia. Desain penelitian ini digunakan bertujuan untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang topik tertentu dengan menelaah berbagai perspektif dan temuan dari studi-studi terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BIPA dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menginternasionalisasi bahasa Indonesia, memperkuat diplomasi kebudayaan, dan mendukung keaktifan serta pemahaman lintas budaya oleh pelajar BIPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024