Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V A SDI MACCINI SOMBALA 1 MAKASSAR

Muh. Syahrul S (Universitas Negeri Makassar)
Sahabuddin Sahabuddin (Universitas Negeri Makassar)
Saharullah Saharullah (Universitas Negeri Makassar)
Muh. Adnan Hudain (Universitas Negeri Makassar)
Wahyudin Wahyudin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket Pada Siswa Kelas V A SDI Maccini Sombala 1 Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif analisis deskriptif yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani, pelajaran gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket. Pada Siklus 1 Tindakan 1, skor rata – rata nilai Afektif adalah 66,8, Psikomotorik adalah 70,88 dan Kognitif adalah 79,8. Siklus 1 Tindakan 2, skor rata – rata nilai Afektif adalah 83,77 Psikomotorik adalah 81,71 dan Kognitif adalah 83,77. Siklus 2, skor rata – rata nilai Afektif adalah 92,94 Psikomotorik adalah 86,45 dan Kognitif adalah 87,28. Penerapan model pembelajaran Team Games Tournamen pada pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan tema pelajaran gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif dalam permainan bola basket mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dari siklus 1 Tindakan 1, Siklus 1 Tindakan 2 sampai ke Siklus 2

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...