Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan yang ditemui di kelas V SDN Citereup 01. Masalah yang ditemui adalah Pembelajaran IPA lebih cenderung menerapkan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran kooperatif juga jarang digunakan di Sekolah SDN Citereup 01, Nilai IPA sebagian besar peserta didik masih di bawah KKM.Penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat memahami  keterkaitan antara metode yang diterapkan oleh peneliti dengan pencapaian belajar IPA V SDN Citereup 01,setelah mengetahui atau memahami tujuan secara bersama dengan anggota grup yang lain  dan percobaan penelitian ini dilaksanakan di SDN Citereup 01, Kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor. Penelitian ini penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek siswa Kelas V SDN Citereup yaitu sebanyak 50 siswa dari dua kelas. Menggunakan teknik interview, percobaan, dan pengumpulan berkas.Hasil akhir penelitian t-test pada ilmu pengetahuan alam  nilai signifikansi 0,095>0,05. Berlandaskan hitungan eksplorasi bisa ditarik sebuah pengertian yaitu metode pengkajian TGT  Tidak Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Citereup 01.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019