Manajemen kesiswaan adalah manajemen pendidikan dan bersentuhan langsung dengan siswa, memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan potensi siswa, begitu sangat penting dalam menjalakan kegiatan pendidikan di sekolah khususnya sebagai upaya peningkatan prestasi siswa yakni sebagai pelatihan utama siswa dalam menjalankan dan mempersiapkan kehidupannya di masa depan, pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi siswa ini dirasa perlu diteliti sebagai peningkatan dan pengembangan pengetahuan penulis dan bagi lembaga tempat dilaksanakan penelitian yaitu di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Palabuhanratu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus, Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Sekolah, Pembina Kesiswaan, Guru dan siswa. Dokumen diperoleh dari catatan administrasi yang berada di kantor kesiswaan dan tata usaha. Dan observasi dilakukan untuk memperoleh data yang valid. Peneliti menemukan bahwa implementasi manajemen kesiswaan dari Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Sukabumi telah dilakukan sesuai dengan prinsip dan fungsi manajemen pada umumnya yang mengacu kepada POAC perencanaan (planing), pengorganisaslian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (Controling). Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kesiswaan Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad Sukabumi sangat relevan dan berpengaruh baik dilaksanakan untuk siswa di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyyatul Aulad. Terlihat dari indikator dari prestasi belajar siswa dalam peningkatan prestasi siswa yang telah ditentukan oleh sekolah.
Copyrights © 2023