Pembelajaran matematika di sekolah dasar masih belum optimal karena masih mengikuti pendekatan konvensional yang hanya berfokus pada peran guru. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan 23 siswa kelas V. Obyek penelitian adalah hasil belajar matematika, dan data dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika antara siklus I (1781 poin, rata-rata 77,4, persentase ketuntasan belajar 65%) dan siklus II (1987 poin, rata-rata 86,4, persentase ketuntasan belajar 83%). Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, dengan peningkatan persentase keberhasilan sebesar 18% dan peningkatan rata-rata nilai sebesar 9. Dengan demikian, berdasarkan analisis hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Negeri Margahayu IX Kota Bekasi semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 berhasil meningkatkan prestasi belajar matematika
Copyrights © 2023