Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca pada Pelajaran Pancasila Siswa Kelas 1 Menggunakan Media Papan Pintar Pancasila

Lu'lu'a, Khilwiyatul (Unknown)
Luthfiana, Lintang (Unknown)
Widodo, Susilo Tri (Unknown)
Wahyuni, Nur Indah (Unknown)
Khusna, Dana Sabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi dengan pentingnya guru dalam memahami peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran, khususnya yaitu dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalamĀ  membaca. Salah satu cara dalam mengatasi hal tersebut yaitu perlu diadakannya solusi yang tepat guna mengatasi permasalahan yang diketahui. Media pembelajaran berupa papan pintar pancasila merupakan salah satu solusi yang efektif dalam memecahkan permasalahan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran khususnya bagi peserta didik yang belum bisa membaca. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mencari strategi dalam mengatasi kesulitan membaca serta meningkatkan pembelajaran pancasila dengan menggunakan media papan pintar pancasila. MetodeĀ  yang digunakan pada artikel ini adalah Metode Kualitatif Deskriptif dengan data yang digunakan yakni analisis dokumen hasil belajar, portofolio, hasil pengamatan, video, jurnal, lembar pengamatan, dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa melalui media pembelajaran papan pintar pancasila mampu memberikan dampak yang positif pada jenjang sekolah dasar khususnya pada anak yang kurang dalam memahami pembelajaran pancasila dan kesulitan membaca. Jadi kesimpulan pada penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan media papan pintar Pancasila dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kesulitan membaca serta pemahaman dalam penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari- hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...