Jurnal Basicedu
Vol. 7 No. 6 (2023)

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

Sari, Yossi Permata (Unknown)
Rustinar, Eli (Unknown)
Kusumaningsih, Dewi (Unknown)
Hidayat, Tomi (Unknown)
Wahono, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Keterampilan menulis dapat ditingkatkan dengan cara menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta didik dalam menulis teks prosedur pada aspek struktur. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah hasil keterampilan menulis teks prosedur peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 35 peserta didik sebagai sampel dan dibagi menjadi 6 kelompok. Teknik pengumpulan dataang digunakan adalah observasi, wawancara, dan bentuk tes berupa penugasan kepada peserta didik untuk menulis teks prosedur. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks prosedur peserta didikĀ  kelas XI Jurusan IPA 1 kelompok 1 memperoleh nilai 90, kelompok 2 memperoleh nilai 91, kelompok 3 memperoleh nilai 90, kelompok 4 memperoleh nilai 91, kelompok 5 memperoleh nilai 90 sedangkan kelompok 6 memperoleh nilai 90. Hasil penilaian menulis teks prosedur dari 6 kelompok termasuk dalam kategori baik hal ini menunjukkan bahwa para peserta didik sudah terampil membuat teks prosedur dan sudah cukup memperhatikan pada aspek struktur teks prosedur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...