Pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus biasanya mendapat perlakuan dan pertimbangan khusus. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui persiapan, implementasi dan evaluasi pembelajaran projek pembuatan serbuk jahe bagi anak gangguan spektrum autris. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persiapan pembelajaran projek pembuatan serbuk jahe anak dengan gangguan spektrum autis di SLB Sinar Hafizah bertujuan untuk melatih keterampilan kemandirian sebagai bekal siswa autis, evaluasi yang dilakukan setelah melakukan pembelajaran; (2) Pelaksanaan pembelajaran projek terdiri dari praintruksional, intruksional; pelaksanaan projek; dan evaluasi yaitu guru menyampaikan hasil evaluasi selama kegiatan; (3) Evaluasi kegiatan dilakukan bertujuan untuk mengetahui anak dapat mengikuti kegiatan pembuatan serbuk jahe pada tahapan mencuci jahe hingga bersih,memotong jahe,membelender jahe,menyaring sari jahe,memasukan sari jahe kedalam teflon selanjutnya anak masih perlu bimbingan guru; (4) Dari ketiga tahapan diatas peneliti dapatkan hasil bahwa siswa dapat melakukan kegiatan dengan baik, salah satunya yaitu mampu membersihkan jahe dengan bersih menggunakan sikat dan air, memotong jahe,membelender jahe,menyaring sari jahe,memasukan sari jahe kedalam teflonĀ untuk pengadukan sari jahe menjadi serbuk jahe dan pengemasan
Copyrights © 2024