Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Firdaus, Rifyan (Unknown)
Permana, Johar (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Kurikulum merdeka masih menjadi topik hangat yang terus diperbincangkan dalam dunia pendidikan. Di antaranya adalah terkait kelebihan dan kekurangan dari kurikulum merdeka yang diimplementasikan di sekolah dasar. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji kelebihan dan kekurangan dari kurikulum merdeka yang terdapat pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Data literatur yang diperoleh berdasarkan tahun terbit 2020-2024, terakreditasi nasional (SINTA) dengan lingkup yang relevan terkait kelebihan dan kekurangan kurikulum merdeka. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga aspek kelebihan kurikulum merdeka yaitu adanya: 1) program guru penggerak sebagai penggerak ekosistem pendidikan untuk meningkatkan pemerataan kualitas guru; 2) program sekolah penggerak yang melakukan implementasi kurikulum secara fungsional sesuai kebutuhan belajar siswa; 3) menguatnya profil pelajar pancasila untuk menjawab tantangan perkembangan dunia. Adapun kekurangan dari pengimplementasian kurikulum merdeka yang pertama yaitu terkait kesiapan guru yang kurang memahami karakteristik kurikulum secara keseluruhan sehingga menghambat pengimplementasian. Kekurangan yang kedua terkait kesiapan sarana dan prasarana sekolah dasar yang kekurangan fasilitas pendukung implementasi kurikulum merdeka. Perlu dipahami bahwa kurikulum merdeka memiliki kekurangan dan kelebihan dikarenakan sampai saat ini masih dalam tahap adaptasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...