Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemberian media pembelajaran pada siswa tunagrahita kelas 5C SLBN Cendono Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran bergambar untuk menunjang pembelajaran Pendidikan Pancasila pada materi pengamalan sila-sila Pancasila pada kehidupan sehari-hari untuk salah satu siswa tunagrahita kelas 5C SLBN Cendono Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskripsi merupakan penelitian dengan cara menjelaskan data yang telah diteliti. Penggunaan media gambar sering digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa. Cara penggunaan media gambar untuk siswa juga cukup mudah yakni dengan mengenalkan makna yang terdapat pada gambar ditunjukkan, guru menyebutkan gambar yang ada pada media dengan disangkut pautkan pada materi pengamalan sila-sila Pancasila di kehidupan sehari-hari, dan menunjukkan bahwa setiap gambar memiliki makna yang berbeda-beda. Alasan dari pemberian media pembelajaran bergambar adalah untuk merangsang perhatian, minat dan motivasi, pikiran serta perasaan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Media bergambar juga membantu siswa dalam proses pembelajaran dan melatih motoric siswa, sehingga siswa senang dalam proses pembelajaran karena dapat melihat gambar yang berwarna. Simpulan dari penelitian yakni media gambar perlu diberikan kepada siswa tunagrahita untuk memudahkan siswa dalam mengingat materi yang disampaikan oleh guru.
Copyrights © 2024