Kepuasan pasien puskesmas merupakan hal penting untuk selalu diperbaiki baik kepuasan pasien pada tangible dan intangible. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah konstruk mediasi akreditasi Puskesmas (intangible) sebagai pelayanan kepuasan pasien puskesmas. Hasil penelitian antara lain: (1) tidak ada pengaruh kualitas pelayanan puskesmas terhadap kepuasan pasien; (2) tidak ada pengaruh fasilitas pelayanan kesehatan terhadap  kepuasan pasien; (3)  tidak ada pengaruh akreditasi puskesmas terhadap kepuasan pasien; (4) ada pengaruh fasilitas pelayanan kesehatan terhadap  akreditasi puskesmas; serta (5) variable mediasi akreditasi dapat memediasi secara penug antara variable independent (fasilitas pelayanan dan kualitas pelayanan puskesmas) terhadap kepuasan pasien. Simpulan penelitian ini adalah kepuasan pasien puskesmas dapat tercapai apabila puskemas meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan, dan akreditasi puskesmas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023