Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Januari - Juni 2024

Hubungan antara Kemampuan Computational Thinking dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Pola Bilangan

Michella Angelie Pajow (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Vivian Eleonora Regar (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)
Marvel Grace Maukar (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Kebumian, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Computational Thinking penting karena menjadi landasan bagi pemecahan masalah dan pengambilan keputusan dalam merumuskan masalah, menguraikan masalah menjadi langkah-langkah logis, merancang algoritma, dan memahami konsep abstrak secara lebih mendalam. Kaitan antara computational thinking dan matematika sangat erat karena matematika itu sendiri melibatkan pemikiran logis, pemecahan masalah, dan pengenalan pola. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kemampuan Computational Thinking dengan Pemahaman Konsep matematika pada materi pola bilangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan tes uraian. Dengan sampel penelitian berjumlah 79 siswa kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan computational thinking dengan pemahaman konsep matematika pada materi pola bilangan. Implikasi dari hasil penelitian dapat digunakan untuk mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan computational thinking agar dapat meningkatkan pemahaman konsep dari siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...