Dalam masyarakat muslim, mula-mula anak-anak telah diperkenalkan membaca surat-surat pendek sejak anak pra sekolah, namun ditengah kehidupan sekarang anak-anak lebih terfokus pada menonton vidio tiktok atau youtube, dan tidak tertarik menghafal ayat-ayat pendek, karena kefokusan pada vidio yang ditonton, siswa kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima ditanya, rata-rata bermain gadget di rumah. Kejujuran mereka menjadi kuat mengapa siswa belum bisa mengahafal surat An-Nas secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal surat An-Nas dengan metode pembelajaran membaca keras. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. obyek peneltian adalah siswa kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan berkolaborasi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa menghafal surah An- Nas secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 23 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas sebesar 66 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 75 % sampai rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas sebesar 95 %.
Copyrights © 2023