Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 6 No 2 (2023): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surah An-Nas Melalui Metode Pembelajaran Membaca Keras Pada Siswa Kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima

Siti Asmah (SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima)
ST Nurbayan (Universitas Nggusuwaru (UNSWA))



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Dalam masyarakat muslim, mula-mula anak-anak telah diperkenalkan membaca surat-surat pendek sejak anak pra sekolah, namun ditengah kehidupan sekarang anak-anak lebih terfokus pada menonton vidio tiktok atau youtube, dan tidak tertarik menghafal ayat-ayat pendek, karena kefokusan pada vidio yang ditonton, siswa kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan Kota Bima ditanya, rata-rata bermain gadget di rumah. Kejujuran mereka menjadi kuat mengapa siswa belum bisa mengahafal surat An-Nas secara keseluruhan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal surat An-Nas dengan metode pembelajaran membaca keras. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. obyek peneltian adalah siswa kelas 2 SDN 49 Rabangodu Selatan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan berkolaborasi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan kemampuan siswa menghafal surah An- Nas secara bertahap pada kondisi awal sebelum pemberian tindakan hasil rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 23 %, sedangkan pada siklus 1 diperoleh hasil akhir rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas sebesar 66 % dan pada siklus 2 diperoleh hasil rata-rata 75 % sampai rata-rata kemampuan anak menghafal surah An-Nas sebesar 95 %.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...