Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis partisipasi orang tua dalam pendidikan anak, khususnya anak jalanan, dari perspektif keterlibatan orang tua secara fisik dan non fisik. Fokus penelitian ini adalah memahami sejauh mana peran orang tua dalam membimbing dan memberikan dukungan emosional serta motivasi kepada anak-anak mereka yang terlibat dalam kehidupan jalanan, dan bagaimana hal tersebut berdampak pada pendidikan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi orang tua yang bersifat non fisik, seperti pemberian motivasi, pemahaman, dan dukungan emosional, sangat penting dalam meningkatkan minat anak-anak dalam pembelajaran. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya peran orang tua sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama dalam menyediakan kebutuhan biologis dan psikologis anak, serta pentingnya kolaborasi antara orang tua dan lembaga pendidikan dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi perkembangan anak. Kata Kunci: partisipasi orang tua, pendidikan anak, keterlibatan orang tua, sekolah alternatif anak jalanan
Copyrights © 2024