Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 1 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Peran Guru Dalam Pembentukan Sikap Solidaritas Siswa Di SMPIT As-Syifa

Khoiri, Nisaul Khoiri (Unknown)
Widiansyah, Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Membentuk sikap solidaritas siswa melalui kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah SMPIT As-Syifa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing dalam membentuk sikap solidaritas siswa di sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan study literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SMPIT As-Syifa peran guru begitu penting dalam membentuk sikap solidaritas siswa. Guru di SMPIT As-Syifa menunjukan bahwa guru-guru disekolah tersebut mampu membentuk solidaritas antar siswa yang ditunjukan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...