Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi interpersonal orang tua dalam menghadapi anak yang putus sekolah untuk mengikuti program kesetaraan di PKBM nurul Ilman, faktor yang menjadi penyebab anak putus sekolah, dan karakteristik pola asuh orang tua pada anak putus sekolah. Fokus penelitian ini adalah memahami bagaimana komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak putus sekolah, faktor yang menyebabkan anak putus sekolah, dan bagaimana karakteristik pola asuh orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan masih banyaknya orang tua yang memiliki kesulitan dalam berkomunikasi kepada anaknya yang diakibatkan karena kesibukan mereka, selain itu terdapat banyak faktor yang menyebabkan anak putus sekolah, seperti faktor perceraian orang tua, faktor ekonomi, faktor lingkunga dan lain-lain, kurang tegasnya orang tua dalam mendidik anak membuat anak lebih cenderung santai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024