Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah ada pengaruh metode snowball throwing terhadap hasil belajar siswa di SDN 39 Rabadompu Barat Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di SDN 39 Rabadompu Barat Kota Bima. Populasi penelitian adalah kelas IV A sebanyak 29 siswa dan kelas IV B sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan sejumlah 15 dari masing-masing kelas dan ditentukan secara random. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil dari perhitungan aplikas SPSS Jadi dapat disimpulakn tingkat peningkatan hasil belajar ipas sangat signifikan dari 30 sampel yang diambil terdapat 10 siswa dengan presentase (66,6 %) sedangkan yang memiliki hasil belajar dengan kriteria cukup terdapat 5 orang siswa dengan presentasi (33,3%), sedangkan yang memiliki kriteria kurang terdapat 0 siswa dengan presentasi (0%) maka dari itu dapat disimpulan dari 15 sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar ipas siswa di SDN 39 Rabadompu Barat Kota Bima.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024