Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 2 (2024): Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Pengaruh Unplugged Coding terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun

Feby Audi Lestari (Universitas Negeri Surabaya)
Kartika Rinakit Adhe (Universitas Negeri Surabaya)
Nurul Khotimah (Universitas Negeri Surabaya)
Nurhenti Dorlina Simatupang (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Artikel ini berisi tentang media yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan model penelitian design pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Subjek pada penelitian ini ialah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 7 anak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media buku unplugged coding terbukti efektif mampu meningkatkan kemampuan literasi anak usia 5-6 tahun. Dibuktikan dengan hasil olah data yang diperoleh dari pretest dan posttest diolah menggunakan Uji Paired Samples Test dengan hasil menunjukkan nilai signifikansi <0,001. Oleh karena itu, media buku unplugged coding literasi dapat menjadi salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan literasi pada anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

global

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal publishes scientific articles based on field research and programs in the multidiscipline area, which can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in various research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was ...