Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan dan motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar siswa adalah faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan akademik. Berpikir kritis melibatkan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi terhadap suatu masalah. Pembelajaran biologi, dengan kompleksitas dan dinamika materi yang diajarkan, memberikan kesempatan yang baik bagi pengembangan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan tingkat berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptip kualitatif dengan melakukan studi Pustaka dan observasi langsung kesuatu sekolah. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mengetahui gambaran secara utuh mengenai suatu permasalahan. Berdasarkan observasi yang telat dilakukan di SMA N1 PERCUT SEI TUAN ditemukan bahwa masih rendahnya motivasi belajar dan tingkat berfikir kritis siswa dalam pemebelajaran biologi. Selaian itu sumber belajar pada juga masih kurang memadai sehingga guru kerap memberikan penugaran ppt dan review jurnal kepada siswa. Pendidikan diharapkan mampu dapat menghasilkan peserta didik yang mempunyai kualitas hidup sebagai individu yang kreatif, inovatif dan berkompetensi secara global.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024