Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Vol. 7 No. 1 (2024): Jurnal Sains dan Edukasi Sains

Pengembangan Modul Praktikum Virtual Berbasis Multirepresentasi untuk Meningkatkan Minat Siswa

Hasanudin, Nurlaila (Unknown)
Faradiba, Faradiba (Unknown)
Masta, Ngia (Unknown)
Sianturi, Manogari (Unknown)
Handayani, Ida Sri (Unknown)
Olla, Yufran Meliando (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Perkembangan teknologi yang kian masif berdampak pada perkembangan sumber daya manusia saat ini, salah satunya proses pembelajaran siswa di sekolah. Penerapan teknologi yang telah merambah ke dunia pendidikan mengahasilkan media pembelajaran modern yang edukatif. Media pembelajaran ini diharapkan mampu menjadi alat penunjang proses pembelajaran yang kreatif dan menarik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi terkait permasalahan sekolah yaitu tidak tersedianya modul sebagai bahan ajar yang dapat digunakan pada saat proses pembelajaran. Permasalahan lain yang didapatkan adalah tidak berlangsungnya proses praktikum yang dikarenakan kekurangan alat yang tersedia pada sekolah. Akibatnya, siswa di sekolah tersebut tidak dapat melakukan proses praktikum sebagimana mestinya Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul praktikum virtual PhET berbasis multirepresentasi untuk meningkatkan minat siswa. Indikator minat siswa mencakup perasaan senang, perhatian, ketertarikan dan keterlibatan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan metode Analysis, Design, Development, Implementaton and Evaluation (ADDIE). Hasil dari penelitian ini menunjukan pengembangan modul terhadap minat siswa dengan perolehan rata-rata mencakup keseluruhan indikator adalah 82% dengan kategori “sangat positif”. Modul praktikum virtual PhET berbasis multirepresentasi terhadap minat yang dikembangkan dalam kategori sangat positif, sehingga efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Pentingnya pengembangan media pembelajaran di sekolah dilakukan dalam rangka peningkatan kulaitas sumber daya manusia yang selanjutnya menjadi generasi yang mampu membangun bangsa menjadi bangsa yang maju.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juses

Publisher

Subject

Education Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

The Jurnal Sains dan Edukasi Sains (JuSES) is open access and peer-reviewed journal publishing in Indonesian. It aims to publish academic articles such as original articles and review articles of conceptual, experimental, theoretical, and applied in the field of Mathematics and Natural Sciences from ...