cover
Contact Name
Cucun Alep Riyanto
Contact Email
cucun.riyanto@uksw.edu
Phone
+628136909 4764
Journal Mail Official
juses.fsm@adm.uksw.edu
Editorial Address
Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Jl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50711, Central Java, Indonesia
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Sains dan Edukasi Sains
ISSN : -     EISSN : 26543206     DOI : https://doi.org/10.24246
Core Subject : Science, Education,
The Jurnal Sains dan Edukasi Sains (JuSES) is open access and peer-reviewed journal publishing in Indonesian. It aims to publish academic articles such as original articles and review articles of conceptual, experimental, theoretical, and applied in the field of Mathematics and Natural Sciences from the following subject areas: Biology Biology Education Chemistry Chemistry Education Physics Physics Education Mathematics Mathematics Education Natural Sciences Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 99 Documents
Identifikasi Tingkat Kerentanan Akuifer terhadap Pencemaran di Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang dengan Menggunakan Metode GOD Hari Siswoyo
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v1i2p1-6

Abstract

Bahaya pencemaran terhadap potensi air tanah yang dimanfaatkan sebagai sumber air irigasi perlu diantisipasi agar tidak mengakibatkan degradasi kualitas air tanah. Langkah awal dalam tindakan antisipasi tersebut adalah dengan cara identifikasi tingkat kerentanan akuifer terhadap bahaya pencemaran. Identifikasi tingkat kerentanan akuifer terhadap pencemaran dapat dilakukan dengan menggunakan metode GOD berdasarkan jenis akuifer, litologi lapisan pembatas akuifer, dan kedalaman akuifer. Berdasarkan analisis dengan menggunakan metode GOD dapat dinyatakan bahwa di lokasi kajian tingkat kerentanan akuifer terkekang terhadap bahaya pencemaran dapat diabaikan dan tingkat kerentanan akuifer semi terkekang terhadap bahaya pencemaran adalah rendah.
Implementasi Pembelajaran Interaktif Elektronika Dasar Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Kelas Semu dengan Google Classroom Berbasis Framework RAD Wahyu Hidayat; Nugroho Arif Sudibyo
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v1i2p17-24

Abstract

Pengembangan Multimedia menggunakan teknologi dapat dikembangkan di dunia pendidikan. Multimedia yang dikembangkan sekarang untuk dunia pendidikan adalah elektronic learning (e-learning). Dengan tujuan ingin memberikan pengalaman belajar yang menarik tentang mata kuliah materi elektronika peneliti melakukan rancang bangun multimedia e-learning menggunakan HTML. HTML (Hypertext Markup Language) bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web. Bahasa ini berfungsi untuk menampilkan berbagai jenis informasi dengan melakukan markup pada dokumen sebelumnya menjadi format standar ASCII Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Metode ini dilaksanakan menggunakan 4 tahap yaitu, tahapan Perencanaan kebutuhan, Perancangan jalannya penelitian (Pembangunan Sistem), penerapan penelitian rancang bangun, dan tahap terakhir adalah evaluasi penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah multimedia dengan menggunakan bahasa HTML yang mampu dijangkau pembelajar. Media ini dapat digunakan oleh pembelajar maupun pengajar untuk lebih menarik pembelajar belajar elektronika
Penentuan Lokasi Lumbung Pangan Berdasarkan Gravity Location Models dengan Koordinat UTM di Provinsi Maluku Utara Nafisah Riskya Hasna; Adi Setiawan; Hanna Arini Parhusip
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v1i2p7-16

Abstract

Salah satu usaha pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat yaitu memenuhi kebutuhan pangan masyarakatnya. Pengendalian dalam penyediaan bahan pangan sangat diperlukan untuk dapat membantu dalam mengontrol distribusi bahan pangan. Dalam pengendalian penyediaan bahan pangan digunakan Gravity Location Models (GLM). GLM pada penelitian ini digunakan untuk menentukan suatu gudang yang berfungsi sebagai penghubung antara sumber-sumber pasokan dan beberapa lokasi sehingga dapat meminimalisasi biaya transportasi. Lokasi suatu gudang tersebut menggunakan koordinat geografis yang akan ditransformasikan ke koordinat UTM (Universal Transverse Mercator). Penelitian ini menggunakan data koordinat geografis pada Google Maps dan data jumlah penduduk, padi, jagung, dan ubi kayu Provinsi Maluku Utara Tahun 2014. Pengolahan data dilakukan secara manual dan menggunakan metode grid untuk mencari koordinat lokasi gudang atau lumbung pangan. Hasil dari perhitungan menggunakan (1) rumus dan (2) metode grid adalah koordinat lokasi lumbung pangan yang memiliki biaya transportasi minimum di Provinsi Maluku Utara yaitu terletak pada Kabupaten Halmahera Timur.
Identifikasi Dampak dari Jenis dan Lama Terapi Terhadap Kinerja Fungsional Tubuh pada Pasien Kanker dengan Hand-dynamometer Anggun Nurlitasari Ayu Murdiyanti; Jodelin Muninggar; Nur Aji Wibowo
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v1i2p25-32

Abstract

Jenis dan lama terapi yang dilakukan pasien kanker berdampak terhadap kinerja fungsional tubuh. Identifikasi dampak dari jenis dan lama terapi terhadap kinerja fungsional tubuh pada pasien kanker telah dilakukan melalui pengukuran kekuatan genggam tangan. Pengukuran kekuatan genggam tangan dilakukan menggunakan hand-dynamometer. Identifikasi ini merupakan salah satu metode yang valid, sederhana, cepat, mudah dilakukan, tidak menimbulkan efek samping, dan dapat menggambarkan kekuatan seluruh tubuh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan sampling pasien kanker di beberapa Rumah Sakit dan Klinik Pengobatan Herbal di Salatiga yang melakukan terapi pengobatan herbal, operasi, dan campuran. Masing-masing terapi terdiri dari 30 pasien kanker. Metode yang digunakan untuk analisis adalah uji One Way Anova dan Regresi Linier dengan tingkat kebenaran 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dari uji One Way Anova diperoleh nilai signifikansi pada kekuatan maksimal dan ketahanan otot sebesar 0,002 N dan 0,000 Ns. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat dampak yang signifikan antara jenis terapi terhadap fungsional tubuh pada pasien kanker. Dari uji Regresi Linier diperoleh nilai signifikansi antara lama terapi pengobatan herbal terhadap kekuatan maksimal sebesar 0,087 N, sedangkan nilai signifikansi antara lama terapi pengobatan herbal terhadap ketahanan otot sebesar 0,167 Ns. Kesimpulan menunjukkan bahwa tidak ada dampak yang signifikan dari lama terapi pengobatan herbal terhadap kinerja fungsional tubuh.
Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design (UbD) Sinta Pertiwi; Debora Natalia Sudjito; Ferdy Semuel Rondonuwu
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v2i1p1-7

Abstract

Mengajar adalah membuat belajar terlaksana. Oleh karena banyaknya materi yang dicakup dalam suatu pembelajaran, maka langkah pembelajaranpun sudah tidak disesuaikan lagi dengan tujuan dan evaluasi pembelajaran. Understanding by Design (UbD) adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang menekankan pada tujuan pembelajaran itu sendiri. UbD diterapkan sebagai alternatif solusi untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan cara mensinkronkan tujuan, langkah, dan evaluasi pembelajaran. UbD digunakan untuk membuat desain pembelajaran fisika tentang rangkaian resistor seri dan paralel. Desain yang telah dibuat terdiri dari tiga stage dimana stage 1 merupakan tujuan pembelajaran, stage 2 merupakan evaluasi pembelajaran, dan stage 3 merupakan langkah pembelajaran. Tujuan dari pembelajaran ini yaitu (1) mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik resistor yang disusun seri dan paralel, serta (2) mahasiswa dapat menganalisa besaran-besaran fisis (arus, tegangan, dan hambatan). Assesment dalam pembelajaran ini meliputi (1) mahasiswa dapat mengukur arus menggunakan amperemeter yang dipasang seri terhadap resistor dan mengukur tegangan dengan voltmeter yang dipasang paralel terhadap resistor, dan juga (2) mahasiswa dapat menghitung arus, tegangan, hambatan menggunakan persamaan. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh pengajar berisi kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran berlangsung. Setelah dibuat desain pembelajaran, maka dibuatlah lembar review yang akan diserahkan kepada reviewer untuk dikaji. Desain pembelajaran ini mempunyai acuan yang jelas, dimana antara tujuan pembelajaran, evaluasi dan langkah pembelajaran saling terkait. Berdasarkan dari desain yang telah dibuat, lembar review dan hasil review oleh reviewer didapatkan bahwa desain yang dibuat dengan Understanding by Design (UbD) ini mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada dosen saat mengajar fisika dasar di kelas.
Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe Matheos J Takaeb; Ferdinandus Mone
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v1i2p33-38

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Soe, masih menerapkan pembelajaran yang bersifat teacher center, serta kurangnya fasilitas belajar IPA. Hasil 75% siswa belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimum), maka dari itu dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media gambar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII1 sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen. Sebelum diberikan model GI pada kelas eksperimen dilakukan uji kesamaan rata-rata untuk mengetahui kemampuan awal kedua sampel tersebut. Hasil kesamaan uji rata-rata berdasarkan analisis SPSS, menggunakan independen sample t-test menunjukan nilai signifikan 0,45>0.05 dan uji homogenitas menunjukan bahwa 0,847>0.05 yang berarti sebaran data antara dua kelompok sampel sama secara statistik. Dengan demikian, kedua kelas tersebut dapat dilaksanakan penelitian dengan penerapan model GI pada kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah one sample t-test untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Independen sample t-test untuk mengetahui rata-rata prestasi siswa pada kelas eksperimen apabila dibandingkan kelas kontrol. Paired sample t-test untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberikan model GI. Uji regresi untuk mengetahui pengaruh model GI terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji ketuntasan menunjukan nilai t-hitung 14.877> t tabel 1.76131. diketahui juga, bahwa uji ketuntasan individual menunjukan nilai sig 0.000<0.005 sehingga hipotesis diterima. Artinya rata-rata prestasi siswa melampaui KKM yang ditetapkan yaitu 70. Hasil uji peningkatan rata-rata prestasi kelas eksperimen menunjukan Nilai sig < 0,05 sehingga ada perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen yakni (52,58) dan sesudah perlakuan (86,55).
Perancangan Pengukuran Akurasi Jarak Menggunakan Phantom Silicone Pada Kontrol Kualitas Ultrasonografi dengan Teknik Komputasi Dwi Pangestuti; Giner Maslebu; Suryasatriya Trihandaru
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v2i1p36-41

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan uji kualitas USG dengan melakukan komputasi perhitungan jarak pada citra USG dan melakukan analisis pengukuran jarak menggunakan phantom silicone. Perancangan dan implementasi penelitian menggunakan metode pengolahan citra digital untuk melakukan komputasi dan melakukan pengukuran. Nilai citra dilakukan variasi frekuensi dan depth (kedalaman). Variasi depth (kedalaman) rata rata jarak real pada phantom adalah objek 1 sebesar 1 cm dari permukaan, objek 2 sebesar 2 cm dari permukaan, objek 3 sebesar 3 cm dari permukaan dan setelah dilakukan perhitungan menggunakan komputasi didapatkan hasil jarak sebenarnya objek dari permukaan. Pada frekuensi 3.5 MHz, kedalaman visualisasi maksimum pada objek 1 tersebut didapatkan nilai jarak rata rata komputasi sebesar 1.0039 cm dengan nilai deviasi 0.0814 sehingga nilai kesalahan jarak real sebesar 0.39%. Nilai kedalaman visualisasi objek 2 didapatkan hasil jarak rata rata komputasi sebesar 1.4897 cm dengan nilai deviasi sebesar 0.0099 sehingga nilai kesalahan jarak real sebesar 25.51%. Nilai visualisasi kedalaman Objek 3 yang memiliki jarak rata-rata komputasi sebesar 3.3336 cm dengan nilai deviasi 0.1191 sehingga nilai kesalahan jarak real sebesar 11.12%. Pada frekuensi tetap 4.5 MHz, kedalaman visualisasi maksimum pada objek 1 tersebut didapatkan nilai jarak rata rata komputasi sebesar 0.9931 cm dengan nilai deviasi 0.05 sehingga nilai kesalahan jarak real sebesar 0.69%. Nilai kedalaman visualisasi objek 2 didapatkan hasil jarak rata rata komputasi sebesar 1.6584 cm dengan nilai deviasi sebesar 0.0573 sehingga nilai kesalahan jarak real sebesar 17.08%. Nilai visualisasi kedalaman Objek 3 yang memiliki jarak rata-rata komputasi sebesar 3.4943 cm dengan nilai deviasi 0.0741 sehingga nilai kesalahan jarak real sebesar 16.47%. Dari semua hasil komponen uji menunjukkan perhitungan jarak pada citra pesawat USG bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak computer.
Penggunaan Permainan Kartu Gebrak (Karak) untuk Evaluasi Pembelajaran Fisika Jovi Yuzzer Budiman; Debora Natalia Sudjito; Giner Maslebu
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v2i1p8-15

Abstract

Rendahnya prestasi belajar yang diraih oleh peserta didik pada pembelajaran fisika bisa jadi dipengaruhi oleh kondisi psikis peserta didik saat mengerjakan evaluasi. Peserta didik cenderung merasa takut, tertekan, atau merasa materi yang dievaluasikan terlalu sulit yang berdampak pada pengerjaan evaluasi yang tidak maksimal. Permainan karak dalam penelitian ini merupakan permainan kartu yang mengadopsi permainan kartu gebrakan yang diintegrasikan dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT sebagai metode evaluasi untuk menciptakan suasana evaluasi pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini menyelidiki bagaimana desain media permainan karak agar dapat digunakan untuk melakukan evaluasi pembelajaran yang menyenangkan serta bagaimana efektivitas media permainan karak sebagai media evaluasi pembelajaran yang menyenangkan. Responden penelitian ini adalah 20 mahasiswa Fisika dan Pendidikan Fisika tingkat pertama. Berdasarkan data yang diperoleh dari lembar observasi, kuesioner, dan rekapitulasi nilai responden, dapat disimpulkan bahwa permainan karak efektif digunakan untuk evaluasi pembelajaran yang menyenangkan, dapat menunjukkan konsep-konsep yang sudah maupun belum dipahami oleh peserta didik, namun kurang rileks bagi peserta didik. Metode evaluasi permainan karak yang telah mendapatkan penilaian memuaskan dalam hal “menyenangkan” tetapi tetap saja menghasilkan nilai kognitif dari hasil evaluasi yang kurang memuaskan. Jadi sebaik apapun metode evaluasi yang dilakukan tetapi tidak didukung dengan keberhasilan proses pembelajaran, maka hasil yang didapatkan akan tetap kurang memuaskan.
Barang Bekas di Sekitarku (BARBEKU) Sebagai Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Pemahaman Hukum III Newton Ratna Dewi Masturoh; Marmi Sudarmi; Diane Noviandini
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 2 No 1 (2019): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v2i1p16-25

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran dapat membantu guru dalam memperjelas penyajian dan penyampaian informasi kepada peserta didik, sehingga peserta didik lebih mudah memahami informasi tersebut. Namun pada kenyataanya tidak semua sekolah memiliki alat peraga sebagai media pembelajaran karena keterbatasan alat yang dimiliki, terutama di daerah-daerah terpencil yang sulit untuk mendapatkan alat. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukanlan penelitian ini. Tujuan penelitian ini mengembangkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita menjadi media pembelajaran alat peraga sederhana pada materi hukum III Newton, serta mengimplementasikan media pembelajaran alat peraga barbeku yang di buat sebagai pembelajaran di kelas dan membantu siswa meningkatkan pemahaman tentang materi hukum III Newton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan type guru sebagai peneliti. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data yang digunakan yaitu RPP, Lembar Observasi, Lembar Kuesioner dan soal evaluasi siswa. Responden penelitian 24 siswa kelas 8 SMP Negeri 3 Tuntang. Berdasarkan data lembar observasi didapatkan, rata- rata 79,17% siswa memberikan reaksi yang positif selama pembelajaran berlangsung. Dari data lembar kuesioner, sebanyak 98,61% siswa menyatakan bahwa alat peraga sederhana yang digunakan dapat menunjukkan peristiwa hukum III Newton dan mampu membuat mereka memahami peristiwa hukum III Newton. Dari hasil evaluasi, sebanyak 75% siswa memperoleh nilai minimal 75. Hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga sederhana dengan menggunakan barang bekas disekitar sebagai media pembelajaran untuk materi hukum III Newton berhasil membuat siswa paham pada materi Hukum III Newton.
Desain Modul Pembelajaran Mandiri Tentang Gerak Parabola Pada Bidang Datar dengan Memperhitungkan Gesekan Udara Matius Umbu Laga; Debora Natalia Sudjito; Diane Noviandini
Jurnal Sains dan Edukasi Sains Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Publisher : Faculty of Science and Mathematics, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24246/juses.v2i2p42-53

Abstract

Padatnya materi fisika dan terbatasnya waktu pembelajaran membuat materi yang diajarkan tidak dapat dibahas secara mendalam khususya gerak parabola. Penelitian ini membuat desain modul pembelajaran mandiri gerak parabola pada bidang datar yang dipengaruhi hambatan udara menggunakan simulasi PhET. Tujuan penelitian ini adalah membuat desain modul pembelajaran mandiri gerak parabola pada bidang datar yang dipengaruhi hambatan udara dan mengukur keefektifitasan modul pembelajaran mandiri gerak parabola pada bidang datar yang dipengaruhi hambatan udara. Modul yang dibuat terdiri atas dua bagian utama, yaitu penurunan persamaan besaran-besaran fisis gerak parabola secara matematis dan menyelidiki pengaruh perubahan besaran fisis pada gerak parabola menggunakan simulasi PhET “Projectile Motion” dan Microsoft Excel. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Sampel penelitian ini terdiri dari tiga orang mahasiswa pendidikan fisika tingkat dua. Berdasarkan tabel rekapitulasi lembar observasi diperoleh persentase keberhasilan 100% dan dari tabel rekapitulasi lembar kuesioner diperoleh respon positif mahasiswa terhadap modul pembelajaran mandiri gerak parabola pada bidang datar yang dipengaruhi hambatan udara sebesar 87%. Hal ini menunjukkan penggunaan modul pembelajaran mandiri yang dibuat efektif dapat membantu mahasiswa dalam menurunkan persamaan-persamaan gerak parabola pada bidang datar yang dipengaruhi hambatan udara, melakukan praktikum secara mandiri menggunakan simulasi PhET dan Microsoft Excel serta dapat memahami materi yang dipelajari.

Page 1 of 10 | Total Record : 99