Pendahuluan: Pendidikan awal anak usia dini merupakan bagian terpenting sebagai pondasi pembangun bangsa. Dianggap sebagai pendidikan usia dini karena mereka berada pada usia dimana individu mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat. Usia ini juga disebut dengan usia emas. Masa pra sekolah apabila diberikan stimulasi seluruh aspek perkembangan, maka berperan penting untuk tugas perkembangan selanjutnya, dimana 80 % perkembangan kognitif anak telah tercapai pada usia prasekolah. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan dari kompetensi motorik anak usia dini dengan prestasi belajar di taman kanak-kanak (TK) aisyiyah 5 semanggi. Metode: Penelitian ini akan dilakukan pada Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah 5 Semanggi pada bulan juli 2020. Data hasil penelitian akan dianalisis dengan uji univariable dan bivariable untuk mengetahui bagaimana hubungan dari kompetensi motorik anak usia dini dengan prestasi belajar di taman kanak-kanak (TK) aisyiyah 5 Semanggi. Hasil: Terdapat peningkatan dari proses pembelajaran yang telah diberikan oleh pihak TK. Peningkatan dari aspek motorik anak berpengaruh terhadap aspek kognitif, peningkatan ini mengarah ke positif. Sehingga semakin baik perkembangan motorik kasar anak maka semakin baik pula perkembangan motorik halusnya. Kesimpulan: Terdapat hubungan dari kompetensi motorik anak usia dini dengan prestasi belajar di taman kanak-kanak (TK) aisyiyah 5 semanggi.
Copyrights © 2022