Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara Nilai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Nilai Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Daerah Khusus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian penjelasan (explanatory research design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Daerah Khusus, dengan jumlah keseluruhan 34 Mahasiswa. Data yang telah didapatkan kemudian diolah menggunakan software statistik “SPSS. 21”. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes digunakan untuk melihat nilai RPP dan PP. Instrumen Penilaian RPP dan PP menggunakan format lembar penilaian Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat dan signifikan antara nilai Rencana pelaksanaan pembelajaran dengan Pelaksanaan pembelajaran pada Praktik pengalaman lapangan mahasiswa Pendidikan profesi guru daerah khusus.
Copyrights © 2020