JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 1 No. 1 (2020): April

Conservation Based Learning (CBL) model terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa

S. Sukarsono (Universitas Muhammadiyah Malang)
Tifani Nadia Arini (Universitas Muhammadiyah Malang)
Eko Susetyarini (Universitas Muhammadiyah Malang)
Poncojari Wahyono (Universitas Muhamamdiyah Malang)
Fuad Jaya Miharja (Scopus ID: 57208113299, Department of Biology Education, University of Muhammadiyah Malang, East Java)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menegah pertama di Indonesia tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Conservation Based Learning (CBL) dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CBL. Penelitian quasi eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan pada bulan November 2019 hingga Januari 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 14 Malang sebanyak 56 siswa yang terbagi atas 2 kelas, 1 kelas CBL dan 1 kelas Non CBL. Pengambilan data untuk kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, lembar ekplorasi ide, dan dokumentasi. Lembar eksplorasi ide digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen penelitian kemampuan berpikir kreatif meliputi imitasi, variasi, kombinasi, transformasi, dan ciptaan asli. Analisis data menggunakan independent sample t-test. Kesimpulan penelitian ini yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran CBL dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CBL.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...