JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 1 No. 2 (2020): Agustus

Kualitas butir soal try out uji pengetahuan dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa PPG

Fida Pangesti (Indonesian Language and Literature Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Malang, East Java)
Fauzan Fauzan (Indonesian Language and Literature Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, University of Muhammadiyah Malang, East Java)
Risnawati Risnawati (MA Al-Irtiqo’, Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Kelulusan pendidikan profesi guru ditentukan berdasarkan uji kompetensi yang meliputi uji kinerja dan uji pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kualitas butir soal Uji Tulis Lokal (UTL) Uji Pengetahuan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UP-UKMPPG) dan kesahihan butir soal dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa PPG. Data penelitian berupa butir soal dan hasil UTL UP-UKMPPG dijaring dengan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah 30 mahasiswa PPG Kementerian Agama Tahun 2019 pada bidang studi bahasa Indonesia yang dipilih secara purposive random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software ANATES 4.0 dan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal UP-UKMPPG memiliki validitas dan reliabilitas yang tinggi. Lebih lanjut, tingkat kelulusan UTL UP-UKMPPG tergolong tinggi sebesar 89,6%. Namun demikian, soal dengan level sedang, mudah, dan sangat mudah masih sangat dominan dengan persentase berturut-turut 34%, 29%, dan 32%, dengan daya pembeda tergolong cukup (53%) sehingga perlu dilakukan telaah dan revisi terhadap butir soal apabila akan digunakan pada ujian di masa yang akan datang. Soal UTL UP-UKMPPG juga terbukti efektif atau sahih dalam memprediksi kelulusan mahasiswa PPG

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...