JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru)
Vol. 3 No. 3 (2022): Desember

Modul berbasis education for sustainable development pada konsep ekologi untuk siswa kelas X SMA

Auberta Myra Ardelia (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Yufinda Laili Nurazisa (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Aprilia Putri Kusumaningtyas Ashary (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Hanindya Nazaryanto (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Anggun Kinanthi (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Erina Lailatus Syafa’ah (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Modul Pembelajaran merupakan bahan ajar, alat atau sarana pembelajaran yang disusun sedemikian rupa, yang salah satunya penting untuk pembelajaran konsep ekologi di SMA. Tujuan dalam kajian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran tahapan pembuatan modul pembelajaran berbasis Education for Sustainable Development pada konsep ekologi; (2) Menganalisis gambaran isi modul berbasis Education for Sustainable Development pada konsep ekologi untuk siswa kelas X SMA; dan (3) Mengetahui hubungan antara ayat Al-Qur’an dan hadist dengan mempelajari ekologi. Artikel ini merupakan review. Kami merumuskan tahapan pengembangan. Karena modul harus memiliki daya tarik sehingga perlu dilakukan pengkombinasian warna, gambar, bentuk dan ukuran yang serasi. Selanjutnya pengembangan mengandung 5 karakteristik dari ESD, yaitu envisioning, critical thinking, partisipant in desicion making, partnership, systemic thinking.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppg

Publisher

Subject

Education Other

Description

JPPG (Jurnal Pendidikan Profesi Guru) is a means to communicate the results of various research activities and scientific studies carried out individually or in groups by lecturers, teachers, students, educational observer institutions, state institutions, and the like. Various research results and ...