Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 5 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Permulaan Melalui Metode Latihan Terbimbing Di Kelas I SDN Malino

Fitriani, Fitriani (Unknown)
Efendi, Efendi (Unknown)
Barasandji, Sahrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Permasalahan dalam Penelitian iniapakah penggunaan metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas I SDN 1 Malino. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas,dengan subyek penelitian kelas I yang berjumlah 11 orang siswa, yang terdiri dari 4 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam bentuk bersiklus tiap siklus melalui empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2)pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif berupa aktivitas siswa, serta data kuantitatif berupa tes evaluasi. Hasil observasi untuk siklus I menunjukkan aktivitas siswa dalam kemampuan menulis melalui metode latihan terbimbing diperoleh persentase nilai rata-rata 46%, hasil observasi kegiatan guru diperoleh 69% dengan presentase ketuntasan klasikal 27,27% dan daya serap individu 56,56%. Hasil siklus II menunjukkan terjadinya peningkatan dengan hasil observasi aktivitas siswa dalam kemampuan menulis melalui metode latihan terbimbing diperoleh persentase nilai rata-rata 96%, hasil observasi kegiatan guru juga meningkiat dengan persentase penilaian 94%, presentase ketuntasan klasikal 100% dan daya serap klasikal mencapai 92,92%. Maka hasil akhir tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan latihan terbimbing siswa melalui metode latihan terbimbing. Kata Kunci: Metode Latihan terbimbing, Kemampuan Menulis

Copyrights © 2018