Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 5 No. 6 (2024): Jurnal Pendidikan Indonesia

Peran Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Berprestasi Universitas Gajah Putih Takengon

Dea Muthia Albandary (Fakultas Psikologi, Program Studi Magister Psikologi Profesi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Tarmidi Tarmidi (Fakultas Psikologi, Program Studi Magister Psikologi Profesi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Sri Supriyantini (Fakultas Psikologi, Program Studi Magister Psikologi Profesi, Universitas Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Prokrastinasi akademik penyelesaian skripsi merupakan suatu penundaan yang secara sengaja dilakukan secara berulang-ulang, dengan melakukan suatu aktivitas lain sehingga menghambat proses penyelesaian skripsi tersebut. Hal ini tidak menutup kemungkinan terjadi juga pada mahasiswa berprestasi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan prokrastinasi, diantara adalah terkait dengan keyakinan terhadap kemampuannya (self efficacy) serta sudut pandang akan keberhasilan yang dicapainya (locus of control). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran self efficacy dan locus of control dengan prokrastinasi akademik penyelesaian skripsi pada mahasiswa berprestasi Universitas Gajah Putih Takengon. Prokrastinasi akademik pada penelitian ini menggunakan teori Ferrari, Johnson & McCown (1995), sedangkan self efficacy menggunakan teori dari Bandura, (1997), dan locus of control menggunakan teori Phares (1984). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dengan subjek penelitian sebanyak 115 orang. Pengambilan data penelitian menggunakan 3 skala yaitu skala prokrastinasi akademik, Skala self efficacy dan Skala locus of control. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara self efficacy dan locus of control terhadap prokrastinasi akademik penyelesaian skripsi pada mahasiswa berprestasi Universitas Gajah Putih Takengon. Nilai F3.111 = 2.083, p = .107 (p > .05) dan persamaan regresi dapat digambarkan dengan rumus Y’ = 136.467 + -0.331 X1 + -13.676 X2. Hal ini menunjukkan bahwa self efficacy dan locus of control tidak memberikan kontribusi terhadap prokrastinasi akademik penyelesaian skripsi yang terlihat dari signifikansi self efficacy sebesar .294 (> .05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...