Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

The Effect of Timely Delivery on Customer Satisfaction with Service Quality as a Moderating Variable

Jenny Nancy Kaligis (Universitas Negeri Manado)
Nugroho Djati Satmoko (Universitas Padjadjaran)
Grace Hobertina Tahapary (Universitas Pattimura)
Muhamad Risal Tawil (Politeknik Baubau)
Iwan Henri Kusnadi (Universitas Subang)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Peneliti berpendapat bahwa variabel Ketepatan Waktu Pengiriman yang diberikan oleh karyawan JNE yang tersebar di seluruh Indonesia dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena kebutuhan karyawan terhadap barang tersebut dapat dengan mudah dimanfaatkan dan digunakan oleh konsumen sesuai dengan keinginannya. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengiriman tepat waktu terhadap kepuasan pelanggan. Berbeda dengan banyak penelitian sebelumnya, penelitian ini menggunakan variabel Kualitas Pelayanan yang Baik sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksploratif yang mencakup sejumlah penelitian lain khususnya terkait Waktu Pengiriman Akurat, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. Peneliti menganalisis data tersebut menggunakan alat analisis smart PLS 4.0. Namun sebelum memasuki tahap ini, data yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner terhadap 500 karyawan JNE yang tersebar di seluruh Indonesia, 250 karyawan dan sisanya 250 konsumen JNE. Hasil pada artikel ini menunjukkan bahwa variabel Ketepatan Waktu mempunyai hubungan positif dan pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan karena hasil P-Values ​​berada di bawah tingkat signifikansi 0,05 yaitu 0,0007. Hal ini dikarenakan jika barang yang dipesan konsumen dapat sampai tepat waktu maka dapat membuat konsumen senang, urusannya lancar, setia, melakukan repeat order, dan tentunya merasakan kepuasan. Selain itu, hasil baris berikutnya pada tabel ketiga menunjukkan hasil yang serupa karena hasil P-Values ​​berada di bawah taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,000. Hal ini bisa terjadi karena jika barang sampai tepat waktu disertai dengan kualitas pelayanan yang baik dari JNE, baik dari perilaku kurir, kualitas kemasan, dan lain sebagainya maka akan membuat konsumen merasa lebih puas. Dengan demikian hipotesis pertama dan kedua dalam penelitian ini dapat diterima dan dibuktikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...