Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP)
Vol 4 No 1 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bermuatan Nature Of Science (NOS) Terhadap Argumentasi Ilmiah Pada Topik Zat Aditif

Azzahroh, Siti Nur Fatimah (Unknown)
Septaria, Kiki (Unknown)
Wulandari, Siska Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode inkuiri bermuatan Nature Of Science (NOS), untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri bermuatan NOS terhadap argumentasi ilmiah siswapada materi zat aditif dan untuk mengetahui hubungan antara model inkuiri terhadap argumentasi ilmiah siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini yakni berada di SMPN 1 Sarirejo Lamongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan tes kognitif dan argumentasi dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran kemudian teknik analisis data yang digunakan yakni uji hipotesis menggunakan paired simple t-test, uji n-gain dan uji korelasi, untuk mengukur lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan analisis keterlaksanaan pembelajaran. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) keterlaksanaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics Other

Description

The Journal publishes scientific articles in Indonesian language which are the research results in the field of Biology, (Ecology, Microbiology, Zoology, Botany, Systematics, Molecular, Bioinformatics), Physics (Material physics, Instrumentation, Astrophysics, Computing), Biology Education, Physical ...