AbstrakĀ Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bentuk inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Masuk Kampung Ta dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Wajo, serta menganalisis dan mendeskripsikan faktor penghambat dalam pelaksanaan inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Masuk Kampung Ta dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Masuk Kampung Ta telah meningkatkan kualitas pelayanan publik dan telah di evaluasi menjadi pelayanan keliling yang lebih efektif walaupun pelayanan yang diberikan belum dirasakan secara merata oleh masyarakat Kabupaten Wajo. Inovasi ini telah memenuhi seluruh kriteria yang meningkatkan kualitas pelayanan publik diantaranya kebaruan (novelty), efektif (effectiveness), bermanfaat (significance), dapat di transfer (transferability), dan berkelanjutan (sustainability). Kesimpulan in didapatkan dari hasil observasi, studi dokumentasi dan wawancara bersama 7 informan yaitu Innovator, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, 2 orang Teknisi Pelayanan Keliling, 3 masyarakat dari Kecamatan Tanasitoko Kabupaten Wajo. Saran yang bisa diberikan dalam pelaksanaan inovasi ini adalah sebaiknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bisa melakukan pelayanan keliling secara lebih merata agar manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat pelosok Kabupaten Wajo.Kata kunci : Inovasi Pelayanan, Kualitas Pelayanan
Copyrights © 2021