Modul dan buku ajar merupakan sumber belajar dosen dan mahasiswa di perkuliahan. Dosen sangat berperan dalam mentransfer ilmunya melalui buku ajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam menyusun modul dan buku ajar adalah dengan pelatihan dan pendampingan. Sasaran yang menjadi objek dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dosen PTN/PTS se Indonesia. Peserta berjumlah 327 orang dosen. Tahap yang dilakukan pada pengabdian ini adalah tahap perencanaan, tahap pelaksanaan (presentasi materi oleh narasumber, diskusi, praktik kerja) dan tahap evaluasi. Hasil pengabdian menemukan bahwa dosen/peserta mampu mengikuti kegiatan dengan interaktif, beberapa dosen/peserta dapat membuat draft modul/buku ajar, dosen/peserta merasa sangat puas dengan kegiatan yang dilaksanakan, hasil pendampingan berhasil menerbitkan 15 buku ber ISBN/QRCBN pada penerbit ber IKAPI. Rekomendasi selanjutnya untuk dilaksanakan lebih intensif dan sasaran lebih banyak dosen PTN/PTS, dengan bentuk kegiatan pelatihan dan pendampingan sampai semua terbit buku ber ISBN/QRCBN dan topik yang diberikan lebih komprehensif seperti buku monograf, buku referensi, dan book chapter.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024