Penelitian dilakukan untuk melihat pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah relasi dan fungsi. Sampel diambil secara purposive sampling dengan sampel adalah siswa SMPN 2 Cikulur kelas 8B dan 8C. Metode yang digunakan quasi eksperimen desain non randomized pretest-posttest nonequivalen control group design. Data yang diambil adalah pretest dan posttest. Pada hasil posttest, keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dengan metode pembelajaran brainstorming dengan rata-rata sebesar 80,5. Sedangkan kelas kontrol yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional memperoleh hasil rata-rata sebesar 71,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney dengan Uhitung = 94,5 dan Utabel = 112 (n1 = 20 dan n2 = 18) dengan taraf signifikan = 0,05, maka Uhitung ≤ Utabel (94,5 ≤ 112). Dari pengujian tersebut, dapat diinterpretasikan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan metode pembelajaran brainstorming lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Sehingga, terdapat pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi relasi dan fungsi.
Copyrights © 2023