Matematika dianggap sulit, bahkan menakutkan, bagi sebagian besar siswa. Siswa masih kesulitan menjawab soal pemecahan masalah, terutama berkaitan dengan materi bangun ruang sisi datar. Karena prosdur Polya yang ditata secara bertahap mengarahkan siswa dalam proses pemecahan masalah, mereka akan terbantu untuk menyelesaikan masalah dengan cara yang lebih terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode Polya yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang melibatkan luas permukaan dan volume kubus dan balok. Metodologi penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian diikuti oleh 8 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kombi. Kondensasi data, penyajian data, kesimpulan, dan verifikasi merupakan metode analisis data yang digunakan. Berdasarkan temuan penelitian didapat hasil yaitu subjek dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sangat baik dapat menyelesaikan keempat tahap Polya, sedangkan subjek dengan kemampuan pemecahan masalah kategori baik dapat menyelesaikan ketiga tahap tersebut, subjek dengan kemampuan pemecahan masalah sedang dapat menyelesaikan dua tahap. Polya, dan subjek dengan kemampuan pemecahan masalah kurang hanya dapat menyelesaikan satu tahap Polya.
Copyrights © 2023