Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Melalui Metode Jarimatika

Tasya Nuzulul Rohmah (Universitas Muria Kudus)
Diana Ermawati (Unknown)
Denni Agung Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Konsep merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dalam matematika. Diketahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas II SDN 1 Paren masih belum ideal. Hal ini terbukti pada saat siswa diberi pertanyaan, hanya beberapa siswa yang angkat tangan dan bisa menjawab. Selain itu, diketahui hasil nilai konsep matematis siswa dari 10 siswa yang tuntas hanya 4 siswa dengan rata-rata 63,5. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas II SD melalui metode jarimatika. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai tes evaluasi siklus I memperoleh nilai rata-rata 78,1 dengan presentase ketuntasan klasikal 60%, meningkat pada siklus II menghasilkan nilai rata-rata 86,2 dengan presentase klasikal 100%. Dapat disimpulkan penggunaan metode jarimatika dengan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...