Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran lingkaran hari untuk memberikan terapi bagi siswa supaya siswa dapat belajar mengenal hari dengan mudah, serta dapat meningkatkan minat belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 siswa berkebutuhan khusus kelas 1 di SLB N 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data secara langsung di lapangan. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participant observaction), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah menggunakan media lingkaran hari, siswa berkebutuhan terlihat antusias menggunakan media pembelajaran yang mengakomodir keterbatasan indra pendengarannya, melalui penyajian teks pada media lingkari untuk mengilustrasikan sebuah angka, gambar, nama hari.
Copyrights © 2024