Journal on Education
Vol 6 No 3 (2024): Volume 6 Nomor 3 Tahun 2024

Analisis Media Pembelajaran Lingkaran Hari dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Bantul

Lovandri Dwanda Putra (Universitas Ahmad Dahlan)
Aulya Ade Primasta Sugiarto (Ahmad Dahlan University)
Siti Aisyah (Universitas Ahmad Dahlan)
Lulu Rizqi Novianti (Universitas Ahmad Dahlan)
Catur Hakim Setiawan (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran lingkaran hari untuk memberikan terapi bagi siswa supaya siswa dapat belajar mengenal hari dengan mudah, serta dapat meningkatkan minat belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 11 siswa berkebutuhan khusus kelas 1 di SLB N 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengumpulkan data secara langsung di lapangan. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah), sumber data primer dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi berperan serta (participant observaction), wawancara mendalam (in depth interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian setelah menggunakan media lingkaran hari, siswa berkebutuhan terlihat antusias menggunakan media pembelajaran yang mengakomodir keterbatasan indra pendengarannya, melalui penyajian teks pada media lingkari untuk mengilustrasikan sebuah angka, gambar, nama hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...