Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang efektivitas model pembelajaran Game-Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi langsung serta teknik pengukuran. Alat pengumpulan data yaitu berupa lembar observasi, tes hasil belajar serta lembar dokumenter. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji hipotesis serta dengan uji effect size. Hasil belajar pada model pembelajaran Game-Based Learning pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,70. Sedangkan, pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,39. Kondisi ini menyatakan bahwa model pembelajaran Game-Based Learning lebih efektif untuk digunakan dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji effect size yaitu 2,1555 yang tergolong berkategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Game-Based Learning efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 6 Pontianak.
Copyrights © 2024