Journal on Education
Vol 6 No 4 (2024): Journal on Education: Volume 6 Nomor 4 Mei-Agustus 2024

Analisis Penggunaan Kahoot! dalam Meningkatkan Keterlibatan, Efektivitas Pembelajaran, dan Pengalaman Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan

Diyah Rachmawati Prasetiani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sukirman Sukirman (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keterlibatan siswa terhadap efektivitas pembelajaran, pengalaman belajar, dan keterampilan akademik siswa SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 35 orang berusia 14-17 tahun (10 laki-laki, dan 25 perempuan). Penelitian ini mengkaji empat variabel yaitu keterlibatan sebagai independen, sedangkan dependennya adalah efektivitas pembelajaran, pengalaman belajar, dan keterampilan akademik. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Scructural Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan siswa memiliki koefisien jalur yang kuat dengan efektivitas pembelajaran (0.875), pengalaman belajar (0.864), dan keterampilan akademik (0.768). Validitas dan reabilitas model penelitian ini terbukti baik dengan nilai outer loading setiap item di atas 0.70 dan nilai AVE (Average Variance Extranced) di atas 0.60. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa Kahoot! efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik untuk memanfaatkan teknologi tersebut dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...