Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berorientasi Kearifan Lokal dalam Materi “Negaraku Indonesia” pada Siswa Kelas IV SDN 14 Pontianak Selatan

Vivi Niyarti (Universitas Tanjungpura)
Asmayani Salimi (Unknown)
Dyoty Auliya Vilda Ghasya (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar cetak berorientasi kearifan lokal dalam materi “Negaraku Indonesia” pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan layak digunakan untuk membantu proses pembelajaran pada kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model 4-D. sampel penelitian ini adalah 3 validator pada aspek materi memperoleh rata-rata sebesar 3,80 dengan kriteria “Sangat Layak”, aspek bahasa memperoleh rata-rata sebesar 3,53 dengan kriteria “Sangat Layak”, dan aspek desain memperoleh rata-rata sebesar 3,20 dengan kriteria “Layak” terhadap bahan ajar cetak berorientasi kearifan lokal yang dikembangkan. Hasil ini didukung dari hasil kegiatan uji coba pengembangan berdasarkan respon guru yang memperoleh nilai persentase sebesar 100% dengan kriteria “Sangat Baik” dan respon peserta didik sebesar 87,12% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas IV tertarik dan memahami bahan ajar cetak berorientasi kearifan lokal dikarenakan bahan ajar yang dikembangkan menyesuaikan budaya lokal Kalimantan Barat. Maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar cetak berorientasi kearifan lokal layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...