Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Semiotika: Pemaknaan Komunikasi Visual Pada Poster Iklan Layanan Masyarakat Di Media Digital

Hendra Batubara (Universitas PGRI Palembang)
Siti Rukiyah (Universitas PGRI Palembang)
Puspa Indah Utami (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Analisis semiotik adalah metode yang digunakan untuk menemukan dan menganalisis simbol atau tanda dalam teks secara sistematis. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotik untuk mengungkap makna kontekstual dari bahasa visual dalam poster iklan layanan masyarakat di media digital. Hasil analisis menunjukkan bahwa makna dalam sebuah karya tidaklah statis, tetapi terkait dengan sistem tanda yang melekat dalam desain komunikasi visual. Semiotika digunakan untuk memahami tanda visual seperti gambar, foto, simbol, warna, dan tanda verbal dalam teks visual. Keduanya menjadi penting dalam memahami makna, baik yang tersurat maupun tersirat, dalam poster iklan layanan masyarakat di media digital.   

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...