Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui implementasi pembelajaran IPS terhadap pembangunan karakter bangsa di SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian. Metode dalam penelitian ini adalah metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek penelitian siswa Kelas V SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian Fokus pengumpulan data yaitu pada pembelajaran IPS terhadap pembangunan karakter bangsa di SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian Dengan demikian, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini terdiri atas tiga tahap, analisis sebelum di lapangan, analisis selama di lapangan, dan verifikasi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian sudah mengimplementasikan pembelajaran IPS untuk meningkatkan karakter siswa. SDN. No. 112/ I Perumnas Muara Bulian sangat mendukung pendidikan karakter, terutama mata pelajaran IPS. Mata pelajaran tersebut dimaksudkan untuk membentuk siswa menjadi warga negara yang baik, manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kepedulian sosial yang berguna bagi dirinya sendiri, masyarakat dan negara.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024