IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2024): 2024

Budaya Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Jamiatul Jariyah Tembilahan Hulu Provinsi Riau

Irjus Indrawan (Universitas Islam Indragiri)
M.Rosnadi (Universitas Islam Indragiri)
M. Ridho Faren (Universitas Islam Indragiri)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2024

Abstract

Budaya madrasah sangat penting dalam kemajuan lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budaya madrasah di madrasah Ibtidaiyah Tembilahan Hulu. Jenis penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian ini kepala madrasah, guru, staf sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) Budaya di MI Jamiatul Jariyah Tembilahan Hulu di bidang akademik meliputi nilai budaya literasi membaca, budaya religius dan nilai penghargaan/prestasi, non akademik meliputi nilai kreativitas, nilai penghargaan/prestasi, nilai kerjasama, nilai solidaritas, nilai kedisiplinan, dan nilai kesopanan. (2) Tantangan dalam pengembangan budaya madrasah di MI Jamiatul Jariyah Tembilahan Hulu siswa yang sulit dikendalikan dalam menanamkan nilai-nilai madrasah. (3) Upaya dalam pengembangan budaya  madrasah di MI Jamiatul Jariyah Tembilahan Hulu melalui penerapan peraturan madrasah  dan melakukan pembinaan dalam penanaman nilai yang diyakini dan dihayati oleh seluruh warga sekolah/madrasah untuk menjadikan sekolah/madrasah yang berkualitas dan guru memberikan contoh kepada siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...